Mengulas Debat Pertama Capres & Cawapres 2019


 Debat Pertama


Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada tadi malam tepatnya, tanggal 17 Januari 2019 merupakan tanggal yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya. Bukan karena tanggal tersebut merupakan salah satu hari Nasional ataupun hari Bersejarah yang lain. Namun, pada tanggal 17 Januari 2019 tersebut merupakan tanggal dimana dilaksanakannya Debat Pertama Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia periode tahun 2019 sampai dengan 2024.

Tentu kita semua sebagai rakyat Indonesia sudah pasti mengetahui dan merupakan sebuah kepastian bahwa dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 ini terdapat dua pasangan calon yang maju, Pasangan calon nomor urut 01 adalah pasangan Joko Widodo & K.H. Ma’ruf Amin, dan pasangan nomor urut 02 yakni pasangan Prabowo Subiyanto & Sandiaga Uno. Tentunya kedua pasangan calon ini sudah sangat melekat dan familiar di telinga kita semua.

 Debat Pertama

Kembali lagi ke masalah penyelenggaraan debat. Bahwa Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) merupakan lembaga yang berwenang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia, mengagendakan 5 kali jadwal debat Calon Presiden & Calon Wakil Presiden 2019. Pada malam hari tadi kita semua sudah menyaksikan debat yang pertama yang telah diselenggarakan oleh KPU. Pada debat kali ini mengambil tema “ Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme “.

Pada debat yang telah berlangsung malam tadi tentu berjalan dengan baik dan lancar. Kedua pasangan calon silib berganti saling menanggapi pertanyaan yang diajukan, baik oleh panelis maupun pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tentunya dari 6 segmen yang berjalan dalam debat pertama tadi malam, tidak ada yang tidak menarik, semua pasangan calon memberikan jawaban dan tanggapan yang begitu baik dan sesuai tentunya dengan keadaan dan realita yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada debat pertama ini yakni dengan tema “ Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme “ kedua pasangan calon saling beradu argumen, beradu pandangan mereka masing-masing yang tentunya itu semua yang mereka jabarkan tersebut, sesuai dengan fakta dan sebelumnya telah melalui sebuah survei terlebih dahulu. Jadi tidak asal mengeluarkan pendapat dan pandangan nya saja.

Mengenai visi dan misi yang diusung kedua pasangan calon, pasangan calon nomor urut 01 mempunyai visi atau mengusung program “ Indonesia Maju “, sedangkan pasangan calon nomor urut 02 mempunyai visi atau mengusung program “ Indonesia Menang “. Tentunya program yang di keluarkan ini telah mereka jabarkan mengenai nilai dan penjelasan lengkapnya.

 Debat Pertama

Debat pertama ini, bukan hanya sekedar adu argumen dan pasangan masing-masing calon. Melainkan melalui debat pertama ini merupakan salah satu kunci pembuka peluang kedua pasangan calon untuk semakin menunjukkan diri mereka. Karena melalui debat terbuka ini masyarakat akan mampu melihat dan menelaah bagaimana program visi misi dan kelebihan dan kekurangan dari kedua pasangan calon. Selain itu, melalui debat ini merupakan tempat yang sangat strategis dan memiliki jaminan untuk melihat kualitas dari kedua pasangan calon tersebut.

Karena selama ini sudah barang tentu banyak kita temui dan kita baca diberbagai media baik media cetak, elektronik dan yang paling banyak adalah di internet, isu-isu yang beredar mengenai kedua pasangan calon yang kebanyakan dari media tersebut malah tidak netral dan cenderung mendukung dan merendahkan pasangan calon lainnya, sehingga debat  merupakan cara yang sangat relevan untuk ditempuh untuk melihat secara langsung kualitas dari pasangan calon.

Nah, itulah sekelumit tulisan yang kami buat berkaitan dengan jalannya debat pertama calon presiden dan wakil presiden 2019, tulisan ini saya buat bukan bermaksud menyinggung ataupun membuat sebuah kabar yang tidak benar, namun ini murni merupakan tulisan pengalaman kami yang telah mengikuti jalannya debat pertama tadi malam.

Namun, jikalau ada salah satu ataupun beberapa pihak yang merasa tersinggung ataupun merasa tidak enak dengan salah satu kalimat ataupun isi dari tulisan ini kami memohon maaf dan kami tidak bermaksud sedikitpun menyinggung mengenai itu.

Akhirnya, kami berpesan kepada semua pembaca tulisan kami, mari kita senantiasa jaga dan kita rawat ketentraman dan kondisi yang tetap kondusif pada masa politik ini, kita saring berita yang kita terima dengan baik, gunakan media sosial dengan bijak. Dan yang paling penting adalah gunakan hak suara anda pada 17 April 2019 nanti, Pemilu bermartabat Indonesia Kuat…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »