MAKALAH
DINAMIKA DAN ROMANTIKA PENDIDIKAN
Disusun Sebagai Tugas Mata Kuliah
Agama dan Pendidikan
Disusun Oleh:
JURUSAN FILSAFAT
DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI
KEBIJAKAN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
YOGYAKARTA
2020
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb
Puji
Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan rahmatnya sehingga
kelompok kami dapat menyelesaiakan tugas makalah ini dengan tepat waktu dan
tanpa halangan yang berarti. Tujuan kami membuat makalah ini adalah sebagai
tanggungjawab kami memenuhi tugas mata kuliah Agama dan Pendidikan sembari
menempa kami dalam mencari ilmu berkaitan dengan apa yang akan kami sampaikan.
Kami harap apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan memberikan kesan
ataupun makna yang dalam terhadap materi yang kami bawakan kepada para pembaca.
Kami
berterimkasih kepada setiap pihak dan segala sesuatu yang berkaitan dengan
dibuatnya makalah ini, dan tak lupa pula kepada Bapak Hendro selaku dosen mata
kuliah tersebut yang sudah membimbing dan menginspirasi untuk mewujudkan
dibentuknya makalah ini. Kemudian kami juga tau bahwasanya makalah ini pasti
memiliki banyak kekurangan ,maka dari itu kami tak lupa untuk memohon maaf dan
meminta saran serta masukan ,karena dengan hal itu maka kami dapat
menginstropeksi dan dapat mengembangkan kemampuan kami agar lebih baik
kedepanya.
Demikian
semoga makalah ini bermanfaat dan dapat membantu kami dalam menggapai nilai
maksimal serta bisa tercapai dalam menjelaskan makna dinamika dan romantika
pendidikan itu sendiri.
Wassalamualaikum
wr. wb
DAFTAR ISI
B. Pendididikan di Setiap Masa
4. Pendidikan Masa Reformasi Sampai
Sekarang
BAB I
PENDAHULUAN
Indonesia merupakan negara yang berkembang
dengan penuh cerita dan kisah yang jika diceritakan menyimpang begitu banyak
kenangan yang menguraikan perasaan sedih,senang,susah dan gembira. Hal itu
terdapat dalam berbagai bentuk peninggalan,keanekaragaman budaya, mitos,
legenda, sejarah,dan berbagai mahakarya nenek moyang yang masih ada dan terjaga
saat ini. Mengenai hal tersebut, makalah ini bermaksud ingin menjelaskan dan
menggali mengenai dinamika dan romantika yang telah terjadi pada pendidikan
Indonesia dari dulu hingga sekarang ini. karena hal itu berkaitan dengan salah
satu poin yaitu kata sejarah, sepanjang jalanya pendidikan Indonesia,maka itu
menjadi bagian sejarah yang tak terlupa.
Maka penting dari kita untuk dapat memahami
benar apa yang telah dilalui Indonesia untuk menghadapi berbagai rintangan yang
telah dilewati hingga pendidikan masa kini.
·
Apa yang dimaksud
dengan dinamika dan romantika pendidikan?
·
Bagaimanakah bentuk
dinamika dan romantika pendidikan di Indonesia?
·
Sejak kapankah
dinamika dan romantika pendidikan Indonesia dimulai?
·
Mengetahui yang
dimaksud dengan dinamika dan romantika pendidikan
·
Mengetahui dan
memahami bentuk dari dinamika dan romantika pendidikan itu sendiri
·
Memahami dengan
benar sejak kapan dinamika dan romantika pendidikan itu dimulai
Segala sesuatu bentuk perjalanan yang
telah dialami bangsa Indonesia merupakan sebuah kisah dari dinamika dan
romantika itu sendiri, namun makna tersirat adalah bagaimana dinamika dan
romantika itu sendiri telah mempengaruhi makna yang kita sebut sebagai bangsa
Indonesia. Untuk itu kami menduga bahwasanya, sejarah Indonesia tak semuanya
merupakan bagian dari dinamika dan romantika pendidikan Indonesia
Pengertian dinamika telah
disebutkan bahwasanya Dinamika adalah suatu hal yang bersifat berkemampuan atau
bertenaga,serta selalu bergerak dan berubah-ubah( Idrus:1996). Kemudian,
Dinamika menuut (kartono,2007) diartikan sebagai suatu perubahan baik itu yang
sifatnya besar –besaran atau kecil kecilan maupun secara cepat atau lambat,yang
sifatnya nyata dan berhubungandengan suatu keadan Jadi dapat Disimpulkan bahwa
Dinamika pendidikan merupakan suatu perubahan ,ataupun pergerakan yang terjadi
dalam dunia pendidikan baik secara cepat maupun lambat.
Kemudian
romantika, dilihat dari maknanya bahwa romantika menurut KBBI diartikan sebagai
liku-liku atau seluk-beluk yang mengandung sedih dan gembira. Jadi jika
dikaitkan dengan pendidikan, romantika pendidikan merupakan lika-liku atau
kisah perjalanan dalam proses pendididikan. Secara umum hal ini berkaitan
dengan sejarah pendidikan di Indonesia dari sejak dimulainya bernama Indonesia
sejak berlakunya sumpah pemuda dan dimulainya politik balas budi, maka proses
pendidikan secara instutisonal dan berkurikulum dengan jelas mulai diadakan.
Politik etis/balas budi dimulai pada tahun 1901 yang dicetuskan oleh C.T Van
deventer dengan program ITE , irigasi,transmigrasi dan salah satunya adalah
eduksi.
Dari
hal tersebut kata dinamika dan romantika pendidikan merupakan satu kestuan yang
padu dan saling berkaitan menjadi satu, jadi pada dasarnya dinamika dan
romantika pendidikan merupakan serangkaian perubahan perubahan yang terjadi
pada segala bentuk aspek baik besar maupun kecil yang nanti berdampak pada
sebuah keadaan yang disebut sebagai lika liku,namun hal itu mengacu pada
lika-liku pendidikan di Indonesia. Dapat dipahami bahwa pendidikan Indonesia
telah mengalami perubahan yang panjang, bukan tidak mungkin romantika yang
terjadi begitu banyak dan menyimpan banyak cerita sejarah.
Dinamika dan romantika
juga mengacu pada segala bentuk aspek perubahan, perubahan yang terjadi pada
dunia pendidikan adalah merujuk kepada siswa sebagai subyek dan obyek
pendidikan itu sendiri. Dalam dunia pendidikan
menurut (nurkholis,2013:3) pendidikan memiliki aspek penting yaitu aspek
perasaan (afeksi) dan aspek berfikir(kognitif). Namun sebenarnya ada aspek lain
yang disebut sebagai aspek psikomotorik.
·
Aspek
kognifif memberikan ruang untuk melakukan penilain terhadap kemampuan dan
pengetahuan individu dengan sebuah tolak ukur berupa nilai.
·
Aspek
afeksi memberikan ruang untuk memberikan sebuah penghargaan yang berhubungan
dengan perasaan,berupa pujian ,sanjungan,penghargaan dll
·
Aspek
psikomotorik adalah hubunganya pendidikan dalam memberikan pembelajaran untuk melalui
aktivitas pada jasmani dan rohani.
Semua aspek tersebu telah dialami dalam
dunia pendidikan baik dari tingkat dasar sampai peruguruan tinggi, setidaknya .
Periode dinamika pendidikan Indonesia, Menurut (Shodiqin:2015) pendidikan
Indonesia telah mengalami dinamika sampai sekarang dengan terbagi menjadi 4 periode, yaitu:
1.
Pada
masa penjajahan
2.
Pada
masa kemerdekaan sampai sampai orde lama
3.
Pada
masa orde baru
4.
Pada
masa reformasi
B.
Pendididikan di Setiap Masa
Pendidikan masa penjajahan
dibagi menjadi dua yaitu masa Penjajahan
Belanda dan masa Penjajahan Jepang, pendidikan masa belanda sendiri dimulai
sekitar pada abad ke 19, setelah adanya politik balas budi, yang sempat di
singgung diatas tadi. Semenjak politik balas budi melalui program
irigasi,trasmigrasi dan edukasi, Belanda mulai mendirikan pendidikan secara
formal. Diantara pendidikan yang ada
masa itu adalah ELS tahun 1817,lalu sekolah tingkat SMA Gymnasium III, di
Batavia kemudian ada juga HBS di solo, namu pada tahun itu memang itu merupakan
sekolah khsusus untuk bangsa belanda. Barulah setelah ada politik etis banyak
rakyat pribumi yang diperbolehkan sekolah dan menjadi tongak awal lahirnya para
cendekiawan bangsa Indonesia seperti, KIhajar Dewantara,Ir soekarno, Ahmad
Soebardjo dll. Dimasa pendidikan belanda
terdapat karakteristik yang khas yaitu:
·
Adanya
pembagian kelas berdasarkan ekonomi dan golongan keluarga.
·
Pembelajaran
bahasa belanda lebih dominan disbanding bahasa pribumi
·
Kebanyakan
pengajar adalah orang belanda
Namun ketika golongan pribumi yang sudah
berpendidkan ,maka mereka mendirikan sekolah swasta mandiri, untuk membantu
gholongan rakyat pribumi yang ingin mengenyam pendidikan. Tokoh yang menjadi
pelopor adalah Ki Hajar Dewantara dengan nama sekolahnya yaitu Taman Siswa pada
tanggal 3 juli 1922.
Pendidikkan masa
pennjajahan jepang ada setalah Setelah Jepang dating ke Indonesia tahun 1942, menjadikan indoensia sebagai
pangkalan militernya. Serangkaian pendidikan memeng tidak mengenal kasta,semua
rakyat bisa bersekolah namun pada pengimplementasianya banyak warga negara menjadi
buta huruf. Hal itu karena, Jepang mendidik mereka untuk siap dalam pertempuran
dalam perang asia timur raya. Meski daripada hal itu banyak penderitaan yang
dialami bangsa Indonesia, positifnya rakyat Indonesia belajar peperangan dan
dengan begitu dari pendidikan militer Jepang muncul JIwa patriotisme dalam
melawan penajahan.lahir juga jendral jendral besar hasil didikan PETA
,keibodan,seinendan, dan satuan bentukan jepang lain yang dulu dibentuk untuk
bidang kemiliteran.
Awal kmerdekaan pendidkan
berdasarkan pancasila pada aspek hokum formal, imparatif dan fungsional. Hal
itu sesuai lika-liku atau romantika pendidkkan sejak diproklamikanya
kemerdekaan Indonesia 1945. Masa
pendidikan ini dari tahun akhir 1945-awal 1966. Pada masa soekarno,pendidikan
di Indoensia masih berada pada tahap penyesuaian dan inovasi-inovasi yang coba
diimplementasikan dengan juga mencontoh pendidikan negara lain. Hasil dari pendidikan ini, tentu tidak
maksimal karena focus utama pada masa itu adalah kestabilan menjaga politik dan
kekusaan pasca kemerdekaan itu sendiri, karena masih banyak usaha dan
intervensi asing yang berusaha untuk merebut kembali kedaulatan bangsa Indonesia.
Hasil beberapa pendidikan yang dilaksanakan pada masa ini adalah:
·
Pendidikan
rendah atau pendidikan dasar yang semula tiga tahun menjadi 6 tahun pendidikan
ini disebut dengan Sekolah Rakyat. Masa
ini pun banyak siswa putus sekolah , karena merasa pendidikan tidak penting dan
mementingkan membantu orang tua bahkan bertani ataupun melaut pada masa itu
·
Pendidikan
guru, setelah SR diselesaikan maka dapat melanjutkan ke SGB, SGC, dan SGA. Pada
masa ini siswa yang telah lulus dapat mengajar ke Sekolah Rakyat, namun karena
dirasa komtensinya belum cukup maka sekolah guru berubah dari A,B dan Ke C,
setelah C pun dirasa kurang,maka ada penambahan lagi untuk bisa lanjut ke
perguruan tinggi. Namun masa ini banyak orang yang tidak ingin menjadi guru.
·
Pendidikan
Umum,ada SMP dan SMT
·
Pendidkan
kejuruuan, focus pada pendidikan ekonomi dan kewanitaan)
·
Pendidikan
teknik sperti sekolah teknok menengah dan lembaga kursus setara sma
·
Pendidikan
tinggi muncul berbagai universitas seperti ugm dll
Aspek penting oada pendidkan ini adalah
penyeragaman, dimana segala sesuatu dibuat terstrukutur dengan beban mata
pelajaran yang sangat banyak bagi siswanya,khususnya dikalangan sekolah dasar
-menengah atas. Pada masa ini, positifnya adalah bahwa pemerintah data
mengurangi angka buta huru dengan sangat cepat,semenjak awal tahun 1965 an
Soeharto menggencarkan program untuk mengentaskan Buta huruf, orang tua asuh
,dan pembangunan insfrastruktur sekolah meskipun tak semuanya terbangun,karena
ada kecenderungan sntralisasi dipusat saja. Akibatnya banyak sekolah-sekolah di
pelosok dan daerah tertinggal bahkan tidak merasakan nikmatnya oembangunan dari
pemerintah. Pendidkan yang dirancang pun pada akhirnya memiliki sebuah konsep
untuk mengarahkan sumberdaya manusai menjadi manusia pekerja yang digunakan
untuk kebijakan masa depan.
Hasil
kurkulum yang dibentuk masa ini yaitu:
·
Kurikulum 1968
·
Kuirkulum 1975
·
Kurikulum 1984
·
Kurikulum 1994
4.
Pendidikan Masa
Reformasi Sampai Sekarang
Pendidkan reformasi sampai sekarang
ini, berjalan sejak berakhirnya masa
pemerintahan soeharto setalah pasca reformasi dengan dikeluarkanya. Uu no 22
tahun 1999, yang menginisiasi pendidikan kedaerahan atau bersifat
desentralisasi. Yang menggunakan manajemen berbasis sekolah tidak seperti orde
baru yang dipegang langsung oleh pusat. UU No 20 tahun 2003 menggantikan UU No
2 tahun 1989 tentang sitem pendidikan nasional. Ketentuan pendidikan ditujuakan
lebih demokratis, dan menghilangkan unsur unsur KKN. Mengapa demikian, karena
masa orde lama banyak kecenduruan terjadi KKN, pegawai negeri dan pejabat
pejabat masa itu, memiliki kecenderuangan hasil dari nepotisme,jika ada
keluarga yang menjadi guru tanpa ketrampilan yang cakap,maka keluarga yang lain
pun bisa menjadi guru. Jika saudara menjadi pegawai,maka kesempatan saudara
yang lain pun sangat bisa menjadi pegawai. Nah masa reformasi ini mengubah
paradigm itu,jadi segala sesuatunya diubah menjadi sebuah sitem persaingan yang
sportif dan dapat diperjuangkan. Semuanya mulai terbuka dan berubah secara lebih
akuntabel dalam berbagai aspek dan tatanan kepegawaian,termasuk lingkungan
pendidikan.
Masa ini yang merupakan pendidikan sejak
masa Pak habibi, juga menghilangkan diskriminasi terhdapa etnis dan golongan
tertentu,yang sempat termarginalkan di era Orde lama. Beberapa hasil dari masa
ini adalah:
·
Kurikulum kbk
·
KTSP 2006
·
Dan sampai
sekarang menggunakan kurtilas
·
Sampai dengan yang
terbaru ini merancang pendidikan daring.
Masa sekarang ini bisa dikatakan bahwa
pendidikan berubah mengarah kea rah digital, artinya dinamikanya menuju ke
digitalisasi pendidikan. Romantikanya pun dirasakan setiap indovidu masa
ini,karena pengaruh bencana alam berupa virus COVID -19, yang menyebabkan
pembelajaran harus diakses secara daring.
Maka masa ini pun pad akhirnya memaksa ntuk menciptakan situasi belajar
yang dpadukan dengan media online, dan bersifat daring itu sendiri. Aapapun
media online yang digunakan.
BAB III
PENUTUP
Jika berbicara mengenai romangtika dan
dinamika pendidikan yang terjadi di Indoensia betapa luas dan besar cakupa yang
harus dijelaskan,maka dari itu dengan segala yang telah coba kami jelaskan,
kami mengambil inti inti dari sebuah perubahan dan lika –liku pendidikan itu
sendiri. Pada akhirnya perubahan dalam dunia pendidikan akan terus terjadi,
dengan terjadinya perubahan itu pun mengakibatkan sebuah romantika disetiap
masanya. Hal terpenting yang patut kita sadari adalah bahwa dinamika dan
romantika pendidikan merupakan suatu bentuk penyesuaian terhadap situasi dan
kondisi pada masa itu,untuk mencoba menyesuaikan keadaan yang manjadi
permasalahan. Dengan perubahan diharapkan akan menciptakan penyelesaian ataupun
setidaknya memberikan sebuah dampak yang lebih baik.
Segala yang kami ungkapkan kami meyakini pasti memiliki kekurangan, karena kesempurnaan hanyalah milik tuhan semata. Maka dari itu penting harapan kami untuk menerima kritik dan saran yang membangun. Kemudian terlepas dari pada itu kami berharap semoga makalah yang telah kami buat dapat memberikan nilai yang maksimal dan bermanfaat bagi kami dalam menujang hasil akhir perkuliahan ini.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
Hariansah, E. (2019, maret 14). attiruiolong.
Retrieved from https://attoriolong.com
Madyrezan. (2015, januari 4). blogspot.com. Retrieved
from http://madyrezan.blogspot.com
Muhammad Rijal Fadli, D. K. (2019). Sistem Pendidikan
Indonesia Pada Masa Orde Lama (Periode 1945-1966) . JURNAL AGASTYA ,
VOL 9 NO 2 ,151-168.
nailufar, n. n. (2020, 01 16). Retrieved from kompas.com:
https://www.kompas.com
Efianingrum, A. (2007). Kultur Sekolah yang Kondusif bagi
Pengembangan Moral Siswa . jurnal dinamika pendidikam, 2.
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN
TEKNOLOGI . Jurnal Kependidikan,, Vol. 1 No. 30-35.
shodiqin, r. a. (2015, desember 14). Dinamika Pendidikan
di Indonesia. Retrieved from http://rustamalis.blogs.uny.ac.id/
www. (n.d.). Retrieved
from http://www.definisimenurutparaahli.com
posting komentar yang membangun.