Tutorial Membuat Desain Gerobak dengan Blender #PART 1


Tutorial Membuat Desain Gerobak dengan Blender

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh


Salam hangat sobat blogger Mustaufa Site, kami kembali menyapa sobat semua dengan postingan baru kami yakni tentang Tutorial cara membuat desain gerobak dengan blender. Tutorial ini kami buat dari hasil pekerjaan laporan kerja yang kami lakukan selama kami melaksanakan program praktek kerja indsutri. Pada saat kami melakukan kegiatan praktek kerja industry kami di berikan tugas untuk membuat desain gerobak makanan. Nha, kami membuat desainnya menggunakan aplikasi blender. Tentunya kami memilih aplikasi ini dengan beberapa pertimbangan sesuai yang kami mampu.

Dalam tutorial ini kami akan membahas mengenai cara membuat desain sebuah gerobak, mulai dari awal proses yakni membuka aplikasi hingga pada proses pemberian atap. Jika sobat ingin melihat lebih lengkap sampai pada proses pewarnaan objek, sobat bisa melihat pada postingan kami yang berikutnya. Karena jika kami berikan sekaligus pada saat ini, waktunya tidak akan cukup, selain itu lebih baik sobat MustaufaSite membacanya secara bertahap urut dari satu proses ke proses yang lain, agar sobat bisa memahaminya dengan jelas…

Baiklah tak usah panjang lebar, mari kita langsung masuk ke dalam langkah-langkah pembuatan :

  1. Buka aplikasi blender yg ada di komputer atau laptop.

Gambar 1. Shortcut aplikasi Blender 3D.


  1. Double klik shortcut Blender 3D dekstop komputer anda, untuk masuk ke dalam aplikasi.

Gambar 2.Tampilaan awal aplikasi Blender 3D.

  1. Pada bagian objek mode pilih menu add, kemudian mesh dan pilih objek cube.

Gambar 3. Menambahkan objek dengan menu add.

  1. Setelah diklik maka objek tersebut akan ditambahkan ke dalam ruang edit.

Gambar 4. Objek berada di lembar kerja.

  1. Untuk mulai mengedit objek pindah ke bagian edit mode.

Gambar 5. Masuk ke bagian edit mode.

  1. Untuk mengatur panjang objek dengan acuan sumbu X , maka tekan S + X. untuk mengatur ketinggian tekan S + Z, sedangkan untuk mengatur lebar objek tekan S + Y.

Gambar 6. Mengatur panjang, tinggi, dan lebar objek dengan titik acuan sumbu X,Y, dan Z , hingga terbebentuk menjadi sebuah papan.

  1. Tambahkan garis vertex baru dengan menekan CTRL + R, lalu atur banyaknya garis vertex yang diperlukan.

Gambar 7. Menambahkan vertex.

  1. Tambahkan garis disetiap tepi objek dan bagian tengah dengan cara yang sama hingga terbentuk tampilan objek seperti di bawah.

Gambar 8. Menambahkan vertex di sisi lainnya.

  1. Untuk meyeleksi bagian face klik ikon  kubus pojok kiri , kemudian seleksi area objek yang akan di buat menjadi ruang dalam gerobak dengan menekan shift + klik area objek yang akan diseleksi.

Gambar 9.menyeleksi permukaan objek.

  1. Tekan numpad CTRL + 3 untuk melihatnya dari sisi kiri.

Gambar 10. View objek dari sisi kiri.

  1. Panjangkan dengan melakukan extrude dengan menekan E.

Gambar 11. Melakukan extrude.

  1. Seleksi bagian tepi yang akan dibuat pintu gerobak  lalu extrude dengan menekan tombol E.

Gambar 12. Menyeleksi bagian untuk pintu gerobak.

  1. Extrude bagian yang akan dibuat menjadi engsel pintu gerobak .

Gambar 13. Extrude bagian engsel pintu gerobak.

  1. Kemudian seleksi garis dengan mengklik ikon garis  yang berada dibawah.

Gambar 14. Menyeleksi garis vertex.

  1. Setelah itu tekan tombol G lalu atur garis yang telah diseleksi agar sejajar dengan diagonal.

Gambar 15.mengubah posisi vertex.

  1. Tambahkan seleksi face objek lalu tekan tombol E.

Gambar 16. Extrude bagian pintu gerobak.

  1. Lakukan hal yang sama disatu sisi pintu gerobak bagian kanan, yaitu menyeleksi garis tepi objek lalu tekan tombol G dan sejajarkan garis dengan diagonal objek.

Gambar 17. Menyeleksi garis vertex.

  1. Seleksi area face objek lalu extrude dengan menekan tombol E laulu tarik.

Gambar 18. Extrude pintu gerobak.

  1. Tambahkan objek dengan menekan Shift + A lalu pilih cube, objek baru ini akan kita buat menjadi tiang penyangga atap dari gerobak.

Gambar 19. Menambahkan objek baru.

  1. Objek baru yang telah kita buat berada di lembar kerja.

Gambar 20. Tampilan objek baru yang ditambahkan.

  1. Untuk memipihkan objek tekan tombol S + Y, lalu atur ketebalan tiang yang akan dibuat.

Gambar 21. Scalling objek.

  1. Untuk mengatur lebar tiang tekan tombol S + X, lalu atur sesuai lebar yang kita inginkan.

Gambar 22.Scalling objek.

  1. Kemudian, untuk mengatur ketinggian tiang gerobak tekan tombol S + Z, lalu atur sesuai ketinggian yang dikehendaki.

Gambar 23. Scalling objek.

  1. Posisi kaan objek tiang yang telah kita buat ke posisinya.

Gambar 24. emposisikan objek tiang gerobak.

  1. Setelah itu, tekan tombol Shift + D lalu klik. Kemudian geser searah sumbu Y.

Gambar 25. Duplikasi objek tiang.

  1. Tekan tombol Shift + D lalu klik. Kemudian geser searah seumbu X, untuk membuat tiang selanjutnya.

Gambar 26. Duplikasi objek tiang.

  1. Untuk membuat tiang terakhhir, tekan tombol Shift + D lalu klik. Kemudian geser searah seumbu Y.

Gambar 27. Duplikasi objek tiang.


  1. Tambahkan objek cube untuk membuat atap gerobak. Lalu atur lebar atap dengan menekan tombol S + Y.

Gambar 28.Scalling objek atap.

  1. Kemudian tekan tombol S + Z untuk mengatur ketebalan atap gerobak.

Gambar 29.Scalling objek atap.
  1. Atur panjang atap dengan menekan tombol S  + X.

Gambar 30.Scalling objek atap.

31.   Kemudian rotasi objek atap dengan menekan tombol R + X, Lalu tekan 1 kemudian tekan 5, hal ini dimaksudkan kiata merotasi dititik acuan sumbu X sebesar 15o.


Gambar 31. Merotasi objek atap

32.   Posisikan objek atap ke atas tiang.


Gambar 32. Memposisikan objek atap.

33.   Agar tiang bagian depan menempel dengan objek atap seleksi kedua ujung tiang bagian depan lalu extrude 2 kali dengan menekan tombol E.


Gambar 33.extude objek tiang.

34.   Untuk membuat gantungan kita tambahkan garis vertex dengan menekan CTRL + R lalu klik dan tempatkan garis vertek ke  atas.

Gambar 34. Menambah garis vertex.

35.   Lakukan hal yang sama dengan membuat garis vertex satu kali lagi, lalu letakkan dibawah garis vertex pertama.

Gambar 35. Menambah garis vertex.


36.   Seleksi permukaan dalam lalu extrude dengan menekan tombol E.

Gambar 36. Mengextrude objek menjadi gantungan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »