Tutorial Membuat Desain Gerobak dengan Blender
Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh
Salam hangat sobat blogger
Mustaufa Site, kami kembali menyapa sobat semua dengan postingan baru kami
yakni tentang Tutorial cara membuat desain gerobak dengan blender. Tutorial ini
kami buat dari hasil pekerjaan laporan kerja yang kami lakukan selama kami
melaksanakan program praktek kerja indsutri. Pada saat kami melakukan kegiatan
praktek kerja industry kami di berikan tugas untuk membuat desain gerobak
makanan. Nha, kami membuat desainnya menggunakan aplikasi blender. Tentunya
kami memilih aplikasi ini dengan beberapa pertimbangan sesuai yang kami mampu.
Dalam tutorial ini kami akan
membahas mengenai cara membuat desain sebuah gerobak, mulai dari awal proses
yakni membuka aplikasi hingga pada proses pemberian atap. Jika sobat ingin
melihat lebih lengkap sampai pada proses pewarnaan objek, sobat bisa melihat
pada postingan kami yang berikutnya. Karena jika kami berikan sekaligus pada
saat ini, waktunya tidak akan cukup, selain itu lebih baik sobat MustaufaSite
membacanya secara bertahap urut dari satu proses ke proses yang lain, agar
sobat bisa memahaminya dengan jelas…
Baiklah tak usah panjang lebar,
mari kita langsung masuk ke dalam langkah-langkah pembuatan :
- Buka
aplikasi blender yg ada di komputer atau laptop.
Gambar 1. Shortcut aplikasi
Blender 3D.
- Double
klik shortcut Blender 3D dekstop komputer anda, untuk masuk ke dalam
aplikasi.
Gambar 2.Tampilaan awal aplikasi
Blender 3D.
- Pada
bagian objek mode pilih menu add, kemudian mesh dan pilih objek cube.
Gambar 3. Menambahkan objek
dengan menu add.
- Setelah
diklik maka objek tersebut akan ditambahkan ke dalam ruang edit.
Gambar 4. Objek berada di lembar
kerja.
- Untuk
mulai mengedit objek pindah ke bagian edit mode.
Gambar 5. Masuk ke bagian edit
mode.
- Untuk
mengatur panjang objek dengan acuan sumbu X , maka tekan S + X. untuk
mengatur ketinggian tekan S + Z, sedangkan untuk mengatur lebar objek
tekan S + Y.
Gambar 6. Mengatur panjang,
tinggi, dan lebar objek dengan titik acuan sumbu X,Y, dan Z , hingga
terbebentuk menjadi sebuah papan.
- Tambahkan
garis vertex baru dengan menekan CTRL + R, lalu atur banyaknya garis
vertex yang diperlukan.
Gambar 7. Menambahkan vertex.
- Tambahkan
garis disetiap tepi objek dan bagian tengah dengan cara yang sama hingga
terbentuk tampilan objek seperti di bawah.
Gambar 8. Menambahkan vertex di
sisi lainnya.
- Untuk
meyeleksi bagian face klik ikon kubus pojok kiri , kemudian seleksi area
objek yang akan di buat menjadi ruang dalam gerobak dengan menekan shift +
klik area objek yang akan diseleksi.
Gambar 9.menyeleksi permukaan
objek.
- Tekan
numpad CTRL + 3 untuk melihatnya dari sisi kiri.
Gambar 10. View objek dari sisi kiri.
- Panjangkan
dengan melakukan extrude dengan menekan E.
Gambar 11. Melakukan extrude.
- Seleksi
bagian tepi yang akan dibuat pintu gerobak lalu extrude dengan menekan tombol E.
Gambar 12. Menyeleksi bagian
untuk pintu gerobak.
- Extrude
bagian yang akan dibuat menjadi engsel pintu gerobak .
Gambar 13. Extrude bagian engsel
pintu gerobak.
- Kemudian seleksi garis dengan mengklik ikon garis yang berada dibawah.
Gambar 14. Menyeleksi garis
vertex.
- Setelah
itu tekan tombol G lalu atur garis yang telah diseleksi agar sejajar
dengan diagonal.
Gambar 15.mengubah posisi vertex.
- Tambahkan
seleksi face objek lalu tekan tombol E.
Gambar 16. Extrude bagian pintu
gerobak.
- Lakukan
hal yang sama disatu sisi pintu gerobak bagian kanan, yaitu menyeleksi
garis tepi objek lalu tekan tombol G dan sejajarkan garis dengan diagonal
objek.
Gambar 17. Menyeleksi garis
vertex.
- Seleksi
area face objek lalu extrude dengan menekan tombol E laulu tarik.
Gambar 18. Extrude pintu gerobak.
- Tambahkan
objek dengan menekan Shift + A lalu pilih cube, objek baru ini akan kita
buat menjadi tiang penyangga atap dari gerobak.
Gambar 19. Menambahkan objek baru.
- Objek
baru yang telah kita buat berada di lembar kerja.
Gambar 20. Tampilan objek baru
yang ditambahkan.
- Untuk
memipihkan objek tekan tombol S + Y, lalu atur ketebalan tiang yang akan
dibuat.
Gambar 21. Scalling objek.
- Untuk
mengatur lebar tiang tekan tombol S + X, lalu atur sesuai lebar yang kita
inginkan.
Gambar 22.Scalling objek.
- Kemudian,
untuk mengatur ketinggian tiang gerobak tekan tombol S + Z, lalu atur
sesuai ketinggian yang dikehendaki.
Gambar 23. Scalling objek.
- Posisi
kaan objek tiang yang telah kita buat ke posisinya.
Gambar 24. emposisikan objek
tiang gerobak.
- Setelah
itu, tekan tombol Shift + D lalu klik. Kemudian geser searah sumbu Y.
Gambar 25. Duplikasi objek tiang.
- Tekan
tombol Shift + D lalu klik. Kemudian geser searah seumbu X, untuk membuat
tiang selanjutnya.
Gambar 26. Duplikasi objek tiang.
- Untuk
membuat tiang terakhhir, tekan tombol Shift + D lalu klik. Kemudian geser
searah seumbu Y.
Gambar 27. Duplikasi objek tiang.
- Tambahkan
objek cube untuk membuat atap gerobak. Lalu atur lebar atap dengan menekan
tombol S + Y.
Gambar 28.Scalling objek atap.
- Kemudian
tekan tombol S + Z untuk mengatur ketebalan atap gerobak.
Gambar 29.Scalling objek atap.
- Atur
panjang atap dengan menekan tombol S
+ X.
Gambar 30.Scalling objek atap.
31. Kemudian
rotasi objek atap dengan menekan tombol R + X, Lalu tekan 1 kemudian tekan 5,
hal ini dimaksudkan kiata merotasi dititik acuan sumbu X sebesar 15o.
Gambar 31. Merotasi objek atap
32. Posisikan
objek atap ke atas tiang.
Gambar 32. Memposisikan objek
atap.
33. Agar
tiang bagian depan menempel dengan objek atap seleksi kedua ujung tiang bagian
depan lalu extrude 2 kali dengan menekan tombol E.
Gambar 33.extude objek tiang.
34. Untuk
membuat gantungan kita tambahkan garis vertex dengan menekan CTRL + R lalu klik
dan tempatkan garis vertek ke atas.
Gambar 34. Menambah garis vertex.
35. Lakukan
hal yang sama dengan membuat garis vertex satu kali lagi, lalu letakkan dibawah
garis vertex pertama.
Gambar 35. Menambah garis vertex.
36. Seleksi
permukaan dalam lalu extrude dengan menekan tombol E.
Gambar 36. Mengextrude objek
menjadi gantungan.