Cara Membuat Button pada Adobe Flash


Cara Membuat Button pada Adobe Flash

Membuat Button pada Adobe Flash

Salam hangat sobat Mustaufa Site, kembali lagi berjumpa dengan kami dari Mustaufa Site tentunya dengan informasi dan ilmu terbaru yang akan kami bagi dengan sobat semua. Kali ini kami akan membahas mengenai aplikasi Adobe Flash, tepatnya adalah bagaimana cara membuat tombol atau button pada adobe flash ?. Baik tak usah berlama-lama mari kita langsung saja mempraktekannya, pastikan teman-teman melihat dan memperhatikan ya supaya bisa mengikuti….

1. Langkah yang pertama tentunya buka aplikasi adobe flash di komputer atau laptop sobat semua, jika tidak mempunyai adobe flash bisa juga menggunakan macromedia flash, itu sesuai dengan kebiasaan dan spek komputer yang kita punya.


2. Setelah kita masuk ke aplikasinya kita buat objek yang akan kita jadikan button nanti, disini kita akan membuat button konsep, jadi ketika kita klik nantinya akan berpindah ke scene konsep.


3. Setelah kita buat objek yang akan menjadi button, kita klik kanan pada objeknya kemudian kita pilih convert to symbol untuk mengubah objek menjadi sebuah simbol.


4. Akan muncul kotak isian, pada name kita isi nama dari tombol yang akan kita buat dan pada type kita pilih button, kemudian pada registration pilh kotak di tengah dan klik OK.

Pastikan langkah ini kita lakukan karena jika tidak maka objek tidak akan bisa kita buat menjadi button .

5. Setelah langkah ini kita lakukan maka akan terbuat tombol konsep, bisa kita lihat di library.


Untuk membuat link agar kita bisa berpindah dari scene satu ke scene lainnya kita perlu menambahkan action.

6. Langkah pertamanya adalah kita klik pada layer konsep kita klik di stage pertama kemudian kita klik kanan dan kita pilih action, atau dengan menekan F9 pada keyboard.




7. Maka setelah itu kita akan masuk ke halaman action.



8. Dihalaman ini kita akan memasukkan script yang akan kita gunakan untuk berpindah scene.

Membuat Button pada Adobe Flash


9. Langkah awal untuk menulis script, pada tanda plus + pada action kita klik kemudian kita pilih global funtion > Movie clip control > on ini berfungsi untuk mengaktifkan tombol.





10. Setelah itu akan muncul otomatis pilihan perintahnya, kita pilih release.


11. Berikutnya pada sebelah kanan tanda buka kurung kurawal { kita masukkan script lagi dengan kembali menekan tanda plus +.

12. Pilih global funtion > Timeline control > goto and stop. Script ini berfungsi untuk menjalankan aplikasi dan menyetopnya.



13. Kemudian, kita masukkan scene yang akan kita tuju saat tombol di klik nanti, kita kali ini akan menuju ke scene konsep, maka di dalam tanda kurung kita ketik (“konsep”,1)


14. Yang perlu diingat adalah nama yang kita ketikkan di action harus sama dengan nama yang ada di scene yang kita buat.

15. Berikutnya kita klik auto format untuk mengecek apakah ada kesalahan, dan jika tidak ada kesalahan akan muncul tanda succes, namun jika ada kesalahan script maka akan muncul tulisan error.



16. Setelah itu kita ceklist pada tanda cek.

17. Untuk melihat apakah ada error atau tidak kita bisa beralih ke menu compiler error. Jika tidak ada keterangan error maka script yang kita masukkan sudah tepat.


18. Berikutnya kita coba menjalankan programnya dengan menekan CTRL + ENTER untuk mengeksport movienya.


19. Kemudian kita jalankan dan klik tombol konsep dan secara otomatis kita akan berpindah ke scene konsep yang telah kita buat sebelumnya.


Itulah tadi sobat sedikit ilmu yang dapat kami share pada postingan kali ini yakni mengenai cara membuat button dengan adobe flash, semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat semua dan tunggu postingan kami berikutnya ya…. Salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »