Kegiatan TPA:Membentuk Pondasi Generasi | RIAN MUSTAUFA

Apa kabar sobat Mustaufa SiTe, semoga sobat semua dalam keadaan yang baik atau mugnkin bahkan dalam keadaan baik sekali Amin Ya Robbal’alamin… Bersua kembali dengan kami admin dari Mustaufa Site. Rasanya kami sebagai admin merasa sangat senang sekali dan bersyukur sekali karena masih bisa berbagi ilmu dan pengalaman yang kami peroleh kepada sobat semua, semoga apa yang akan kami berikan nanti dapat bermanfaat bagi pembaca semua.
Outbond TPA Masjid At- Taubah di Telaga Jonge.



Pada postingan kali ini kami ingin mengangkat suatu masalah atau suatu judul yaitu KEGIATAN TPA : MEMBENTUK PONDASI GENERASI BANGSA. Lalu, mengapa kita memilih topik tersebut ? Nah, kita akan membahasnya lebih jelas lagi dalam postingan ini, untuk itu teman – teman harus membacanya hingga rampung ya…

Membentuk pondasi generasi bangsa melalui TPA.
Tentunya kita semua sudah tahu mengenai TPA, TPA merupakan singkatan dari Taman Pendidikan Al- Qur’an. Sesuai dengan namanya di tempat ini kita akan di ajarkan mengenai semuanya mengenai Al- Qur’an. Semua mengenai Al- Qur’an dan yang berhubungan dengan pendidikan agama di ajarkan disini. Lalu mengapa dinamakan Taman ? Dinamakan taman karena kebanyakan dari murid atau yang biasa disebut dengan santriwan santriwati adalah berasal dari anak usia kecil, yang didominasi dari usia PAUD hingga yang terbesar adalah kelas 6 SD.
Tadabur Alam AMMTA ke Pantai.


Di TPA hal yang dipelajari adalah mengenai agama terutama belajar mengenai cara membaca Al- Qur’an dengan benar. Namun, selain itu juga ada pembelajaran yang lainnya seperti hafalan do’a, hafalan surat pendek, fiqih, dan masih banyak lainnya. Tak jarang juga diadakan kegiatan permainan atau bahkan Out bond untuk merefresh pikiran para santri yang mungkin penat dan bosan dengan kegiatan pembelajaran, selain itu kegiatan outbond juga bertujuan untuk memberi semangat kepada para santri agar lebih semangat pergi TPA.

Sobat Mustaufa Site, Bahwa telah kita ketahui bersama saat ini teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, yang tidak dapat kita bending lagi. Itu semua tentunya memberi dampak yang signifikan bagi kehidupan kita. Hidup manusia semakin dipermudahkan dan dibantu oleh adanya kemajuan teknologi, semua bidang kehidupan pasti merasakan dipermudah dengan kemajuan ini. Terntunya hal ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Namun, kemajuan pemikiran manusia ini tidak dibarengi dengan pondasi iman yang kuat. Sekarang banyak anak-anak yang malah hanya sibuk dengan gadget dan smartphone mereka, dan tidak mau berangkat TPA. Mereka hanya sibuk bermain game online, chating, browshing sehingga melupakan kebutuhan mereka untuk berangkat TPA. Hal ini sungguh disayangkan karena teknologi justru melalaikan mereka dengan kewajiban dan rutinitas mereka.




Perlu diketahui bahwa kegiatan di Taman Pendidikan Al- Qur’an itu sangat banyak dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi kita semua. Berikut ini kita sampaikan beberapa manfaat dari kegiatan TPA :
1.       Meningkatkan ilmu membaca Al- Qur’an.
Dalam kegiatan TPA tentunya hal paling utama yang di bangun  atau di pelajari adalah mengenai masalah agama. Dengan kegiatan TPA ini diharapkan akan membentuk para santri yang pandai dan fasih dalam membaca Al- Qur’an.
2.       Menambah dan menjaga hafalan surat pendek.
Kita akan bersama- sama belajar membaca surat- surat pendek, kemudian menghafalaknnya. Selain itu juga membaca surat yang telah kita hafalkan sebelumnya sehingga hafalan kita akan terjaga dan akan bertambah.
3.       Belajar mengenai do’a harian.
Dalam mejalankan suatu hal dalam kehupan kita, pasti harus diawalai dengan  bacaan do’a. dengan do’a tersebut kita mengharap apa yang kita lakukan akan mendapatkan berkah dan bermanfaat. Di dalam TPA kita akan diajarkan mengenai do’a-do’a sehari- hari yang dapat kita amallan dalam hidup kita.
4.       Membentuk pondasi bagi anak.
Kegiatan TPA juga berkontribusi besar  dalam membentuk akhlak dan budi pekerti bagi anak, sehingga dengan akhlak yang kuat akan membentuk pribadi yang baik dan mampu membedakan yang haq dan yang batil.
5.       Menghindarkan dari hal yang tidak bermanfaat
Dengan kegiatan TPA maka anak atau santri akan memilki kesibukan yang bermanfaat. Sehingga dengan TPA akan menghindarkan anak dari kegiatan yang kurang positif dan kurang bermanfaat.
6.       Melatih anak untuk bersosialisasi
Anak akan lebih banyak berinteraksi dan berbaur dengan teman sebayanya, yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang si anak. karena jika si anak lebih suka bergaul dengan orang yang lebih dewasa maka akan berpengaruh terhadap pola berpikir dan psikisnya yang tidak akan seperti anak seusianya.
7.       Melatih bersedekah dan Infaq.
Dalam TPA juga di ajarkan untuk infaq dan sedekah. Yang mengajarkan untuk berbagi dan saling tolong- menolong kepada sesama teman atau orang yang memerlukan.


Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari kegiatan dari kegiatan TPA khususnya bagi kalangan remaja dan anak-anak. tentunya seperti yang telah kita baca bahwa sangat banyak manfaat dari kegiatan TPA tersebut. Untuk itu kami mengajak kepada para orang tua marilah kita dorong anak kita untuk belajar di TPA agar anak memiliki pondasi dan bekal yang kuat untuk hidupnya.

Sehingga dengan TPA ini mampu menciptakan generasi islami, generasi Qur’ani yang mampu mengarungi dan membentengi diri dari pesatnya kemajuan zaman dan kemajuan teknologi yang telah menimbulkan pengaruh yang besar dan sangat beragam dalam hidup manusia.

Sekian postingan kali ini, kami selaku admin dari Mustaufa Site meminta kriitik dan saran dari para pembaca untuk kemajuan dan penyemangat bagi kami dan semoga postingan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, Amin…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

posting komentar yang membangun.