Nama : Rian Mustaufa
Prodi : Kebijakan Pendidikan
NIM : 19110241017
- Identitas Buku
· Judul
Buku : Kebijakan Pendidikan Dari
Filosofi Ke Implementasi
·
Oleh : Dr. H. Ahmad Rusdiana, M.M.
·
Penerbit : CV. Pustaka Setia
·
Tahun
Terbut : Januari 2015
·
Edisi : Cetakan 1
·
Tebal
Buku : 264 Hal.
·
Ukuran
Buku : 16 x 24 cm.
·
No.
ISBN : 987-979-076-478-1
- ISI BUKU
Dalam buku Kebijakan Pendidikan Dari
Filosofi Ke Implementasi di jelaskan bahwa kebijakan pendidikan merupakan
sebuah penjabaran dari visi dan misi dari pendidikan itu sendiri yang ada dalam
masayarakat pendidikan yang berasal dari ilmu praktis, yakni merupakan kesatuan
dari toeri dan praktik pendidikan. Kebijakan pendidikan meliputi proses
analisis kebijakan, perumusan, serta
pelaksanaan dan evaluasi.
Dalam buku ini banyak membahas mengenai
masalah dan isu pendidikan yang diterapan di berbagai negara, serta konsep
analisis dan formulasi kebijakan yang tepat untuk diimplementasikan dalam
kehidupan kedepannya. Dalam buku ini juga membahas mengenai dampak dari
dilaksanakannya sebuah kebijakan dan evaluasi terhadap kebijakan tersebut agar
menjadi lebih baik nantinya.
Pada bagian dari buku ini juga dibahas
tentang aspek-aspek yang harus dikaji dalam analisis kebijakan pendidikan
adalah konteks kebijakan, karena dalam
hal ini kebijakann tidak muncul dalam keadaan hampa, tetapi merupakan
seperangkat nilai. Aspek yang dikaji berikutnya adalah actor yang berperan
dalam pengambilan dan diterapkannya sebuah kebijakan, baik actor langsung
maupun tidak langsung.
Berikutnya yang perlu dikaji adalah
implementasi kebijakan yang biasa disebut dengan rangkaian kegiatan tindak
lanjut. Dalam kebijakan pendidikan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan,
karena masyarakat berperan sebagai pelaksana dari kebijakan yang diterapkan,
jadi peran masyarakat juga penting terkait dengan apakah sebuah kebijakan yang
di jalankan sesuai atau tidak dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang ada.
- Kelebihan dan Kekurangan Buku
Kelebihan :
·
Pembahasan
dalam buku ini menarik karena menyinggung kebijakan pendidikan yang diterapkan
di berbagai negara dan Indonesia
·
Banyak
membahas mengenai masalah dan isu pendidikan yang diterapan di berbagai negara
·
Membahas
mengenai dampak dari dilaksanakannya sebuah kebijakan dan evaluasi terhadap
kebijakan tersebut
·
Kalimat
yang digunakan cukup menggugah dan mengajak pembaca untuk berpikir kritis
·
Desain
cover yang menarik
Kekurangan :
·
Kalimat
yang digunakan cukup sulit untuk dipahami untuk kalangan umum
·
Penulisan
dan alur penulisan yang terkesan tidak terurut
·
Layout
halaman yang menurut saya kurang menarik
- Rekomedasi :
Buku ini sangat rekomended bagi anak
Kebijakan Pendidikan karena didalamnya membahas isu terkait pendidikan dan
teori-teori pendidikan yang ada, selain itu buku ini juga cocok untuk kalangan
peneliti dan analis pendidikan. Namun, karena penggunaan bahasa pendidikan yang
cukup tinggi sehingga buku ini kurang dapat dipahami oleh kalangan umum,
khususnya diluar dunia pendidikan.
http://uny.ac.id