Resensi Buku Kebijakan Pendidikan " Dari Filosofi ke Implementasi "


Nama   : Rian Mustaufa
Prodi    : Kebijakan Pendidikan
NIM      : 19110241017


sumber : www.google.com



  1. Identitas Buku
·  Judul Buku      : Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi
·         Oleh                : Dr. H. Ahmad Rusdiana, M.M.
·         Penerbit           : CV. Pustaka Setia
·         Tahun Terbut  : Januari 2015
·         Edisi                : Cetakan 1
·         Tebal Buku     : 264 Hal.
·         Ukuran Buku   : 16 x 24 cm.
·         No. ISBN         : 987-979-076-478-1
  1. ISI BUKU
Dalam buku Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi di jelaskan bahwa kebijakan pendidikan merupakan sebuah penjabaran dari visi dan misi dari pendidikan itu sendiri yang ada dalam masayarakat pendidikan yang berasal dari ilmu praktis, yakni merupakan kesatuan dari toeri dan praktik pendidikan. Kebijakan pendidikan meliputi proses analisis kebijakan, perumusan,  serta pelaksanaan dan evaluasi.
Dalam buku ini banyak membahas mengenai masalah dan isu pendidikan yang diterapan di berbagai negara, serta konsep analisis dan formulasi kebijakan yang tepat untuk diimplementasikan dalam kehidupan kedepannya. Dalam buku ini juga membahas mengenai dampak dari dilaksanakannya sebuah kebijakan dan evaluasi terhadap kebijakan tersebut agar menjadi lebih baik nantinya.
Pada bagian dari buku ini juga dibahas tentang aspek-aspek yang harus dikaji dalam analisis kebijakan pendidikan adalah konteks  kebijakan, karena dalam hal ini kebijakann tidak muncul dalam keadaan hampa, tetapi merupakan seperangkat nilai. Aspek yang dikaji berikutnya adalah actor yang berperan dalam pengambilan dan diterapkannya sebuah kebijakan, baik actor langsung maupun tidak langsung.
Berikutnya yang perlu dikaji adalah implementasi kebijakan yang biasa disebut dengan rangkaian kegiatan tindak lanjut. Dalam kebijakan pendidikan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, karena masyarakat berperan sebagai pelaksana dari kebijakan yang diterapkan, jadi peran masyarakat juga penting terkait dengan apakah sebuah kebijakan yang di jalankan sesuai atau tidak dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang ada.
  1. Kelebihan dan Kekurangan Buku
Kelebihan :
·         Pembahasan dalam buku ini menarik karena menyinggung kebijakan pendidikan yang diterapkan di berbagai negara dan Indonesia
·         Banyak membahas mengenai masalah dan isu pendidikan yang diterapan di berbagai negara
·         Membahas mengenai dampak dari dilaksanakannya sebuah kebijakan dan evaluasi terhadap kebijakan tersebut
·         Kalimat yang digunakan cukup menggugah dan mengajak pembaca untuk berpikir kritis
·         Desain cover yang menarik
Kekurangan :
·         Kalimat yang digunakan cukup sulit untuk dipahami untuk kalangan umum
·         Penulisan dan alur penulisan yang terkesan tidak terurut
·         Layout halaman yang menurut saya kurang menarik
  1. Rekomedasi :
Buku ini sangat rekomended bagi anak Kebijakan Pendidikan karena didalamnya membahas isu terkait pendidikan dan teori-teori pendidikan yang ada, selain itu buku ini juga cocok untuk kalangan peneliti dan analis pendidikan. Namun, karena penggunaan bahasa pendidikan yang cukup tinggi sehingga buku ini kurang dapat dipahami oleh kalangan umum, khususnya diluar dunia pendidikan.


http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=53646&keywords=Kebijakan+Pendidikan+dari+filosofi+ke+Implementasi

http://uny.ac.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »